Minggu, 13 Desember 2015

Belajar Bersabar

πŸ’Œ Belajar BERSABAR bersama Syeikhul Islam (9)

=======

Hal kesembilan yg bisa membantu seseorang untuk bersabar menghadapi gangguan orang lain adalah melihat hakekat berikut:

Apabila dia diganggu karena amalan yg dia lakukan karena Allah, atau karena melakukan ketaatan yg Allah perintahkan, atau karena meninggalkan maksiat yg dilarang... maka harusnya dia bersabar, dan jangan membalas, karena sesungguhnya dia sedang diganggu di jalan Allah, tentunya pahalanya ditanggung oleh Allah.

Oleh karena itulah, ketika darah dan harta para mujahidin di jalan Allah hilang, tidak ada ganti rugi sedikitpun, karena Allah telah membeli dari mereka jiwa dan harta mereka, sehingga nilai (ganti rugi) nya menjadi kewajiban Allah bukan kewajiban makhluk.

Jadi barangsiapa yg meminta ganti rugi dari makhluk, maka dia tidak berhak mendapatkan ganti rugi dari Allah. Dan sungguh siapa yg rusak karena Allah, pasti Allah yg menjamin gantinya.

Apabila dia diganggu karena musibah yg menimpanya, maka hendaknya dia kembalikan kepada dirinya, sehingga dengan itu dia tidak sempat menyalahkan orang yg mengganggunya.

Apabila dia diganggu karena kelebihan dunia yg ada padanya, maka hendaknya dia sabarkan diri, karena sebelum seseorang mendapatkan nikmat dunia, tentunya dia telah melakukan hal-hal yg lebih berat dari kesabaran itu untuk mendapatkan kenikmatannya.

Oleh karena itu, orang yg tidak mau sabar dengan pedihnya terik matahari, kehujanan, dinginnya salju, susahnya perjalanan, dan perampok jalan, maka jangan coba-coba melakukan usaha perdagangan.

Dan ini adalah hal yg telah diketahui oleh semua orang, bahwa siapapun yg sungguh-sungguh dalam mencari sesuatu, maka dia harus mencurahkan kesabaran untuk mendapatkannya, kesabaran itu akan sebanding dengan kesungguhannya dalam mencarinya.

[Kitab: Jami'ul Masa'il, 1/171].

----------

Intinya: apapun sebabnya datangnya gangguan itu, hadapilah dengan sikap sabar, dan serahkan semuanya kepada Allah, sungguh Allah tahu berapa besarnya harga sabar yg kita perjuangkan.

Allah maha tahu apapun pengorbanan kita, tidak akan ada yg hilang di hadapan-Nya, bahkan Dia maha mensyukuri amalan para hambaNya, bila berkehendak, Dia akan memberikan balasan yg tak terhingga karena amalan yg sederhana…

πŸ“ Oleh Ustadz Musyafa Ad Dariny, MA حفظه Ψ§Ω„Ω„Ω‡ ΨͺΨΉΨ§Ω„Ω‰

πŸ”Š [ πŸ“– ] BBG Al-Ilmu

Tidak ada komentar:

Artikel Terpopuler