Menentukan rintangan dan peluang yang ada di pemasaran dalam beberapa analisa pembuatan perencanaan kampanye periklan sering dipresentasikan dengan bentuk yang disebut analisa S.W.O.T. :
- Strength : kekuatan atau keunggulan
- Weakness : kelemahan-kelemahan produk sendiri atau dalam pemasaran
- Opportunity : kesempatan atau peluang yang ada dalam mendapatkan atau merebut pasar yang ada
- Threath : ancaman atau halangan dalam mencapai usaha atau tujuan pemasaran
Tujuannya :
Analisa SWOT ini sangat penting tujuannya agar kita tahu keunggulan, kelemahan, peluang dan tantangan yang harus dihadapi dalam memenangkan pasar yang akan dimasuki, dengan adanya analisa swot ini barulah kita dapat membuat suatu perencanaan aktifitas pemasaran dan promosi yang tepat untuk produk tersebut karena itulah analisa swot ini umumnya diambil dari unsur-unsur marketing mix
Caranya :
Kekuatan atau strength yang dimaksud adalah ditinjau dari :
- Produk : keunggulan produk kita dari produk lainnya atau USP produk ( ukuran, kualitas, komposisi dan sebagainay
- Harga : apakah harga kita lebih ekonomis, lebih murah dan sebagainya
- Promosi ; brand kita sudah dikenal baik atau mempunyai citra yang tinggi, walaupun produk masih baru
- Distribusi : produk kita bisa mencapai desa karena jaringan distribusi yang telah dibina atau menggunakan jaringan distribusi yang baik.
Analisa mengenai kelemahan (weakness), peluang (opportunity) dan ancaman (threath) haruslah dilihat dari berbagai faktor paduan pemasaran.
Dalam menentukan rintangan dan peluang pada prinsipnya analisanya sama :
A. Menentukan Faktor Rintangan (Problem) :
1. Apa kelemahan dari produk
2. Apa yang menjadi halangan dalam pemasaran
3. Apa faktor/kondisi ekonomi lainnya yang menjadi penghalang
B. Menentukan Faktor Kesempatan (Opportunity) :
1. APa keunggulan produk dari produk pesaing
2. Pada segmen pasar yang mana produk bisa diterima
3. Apa yang mendukung pemasaran produk
Jadi karena itu dlam membuat laporan ini dpat digunakan salah satu dari sistem tersebut
Kalau kamu-kamu senang dengan tulisan-tulisan ini bagikan keteman-teman yang lain tapi kalau gak senang cukup kamu aja yang tau, Salam Ya yang sudah Mengunjungi Blogku ini, Ini semua sekedar mengisi waktu senggang tapi mengasikan gitu loe PISSSSSSSSSSS Dech tapi jangan lupa kasih komentar biar semangat nih untuk terbitin posting baru yang menarik..
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Artikel Terpopuler
-
Tugas Manajer Pemasaran adalah sebagai berikut : Manajer pemasaran bertanggung-jawab terhadap manajemen bagian pemasaran Manajer pemasaran...
-
Kelebihan Media Radio : - Jangkauan fleksibel - Cukup serentak - Penetrasi kedaerah rural baik - Penetrasi kalangan bawah/ buta huruf ba...
-
Tujuan pemasaran atau marketing objective, adalah apa yang akan dicapai oleh perusahaan melalui bagian pemasaran titik awalnya adalah konsu...
-
Kelebihan Media Surat Kabar : - Visual kuat - Jangkauan luas dan relatif cepat - Ukuran Fleksibel - Waktu pemasangan terkontrol - Relat...
-
Kelebihan Media Televisi : - Jangakauan sangat luas - Penayangan seketika - Gabungan gambar, suara dan warna - Efek demonstrasi - Penen...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar