Kamis, 03 Februari 2011

Mendapatkan Data-Data (Input)

Pada prinsipnya kita tidak dapat membuat suatu perencanaan kampanye periklanan yang tepat tanpa dilengkapi dengan data yang aktual dan akurat.

Bagaimana kita dapat bisa mendapatkan data yang akurat tersebut? Jawabannya tidak lain adalah dengan mengadakan riset ( survey ) yang bentuk dan jenisnya ada beberapa macam disesuaikan dengan kebutuhan atau data yang belum diperoleh klien kita.

Para pakar membuat laporan data dalam dua bagian yaitu :

1. Pandangan makro ekonomi ( macro economic review ) antara lain dapat ditentukan dari :


- kondisi ekonomi disuatu negara : adalah merupakan pandangan/ analisa data yang meliputi antara lain dari : kebijaksanaan pemerintah, GNP perkapita, Populasi, trend/arah dari perekonomian nasional dan lain-lain.
- kondisi ekonomi secara global, adalah laporan analisa mengenai kondisi perekonomian di negara-negara di dunia, trend dari perekonomian dunia dan lain-lain.

2. Pandangan mikro ekonomi ( micro economic review ) trecakup dalam analisa ke enam faktor di bawah ini antara lain sebagai berikut :

- mengenai data klien
- mengenai pemasaran
- mengenai produk
- mengenai pembeli/pemakai
- mengenai saluran distribusi
- mengenai citra (image)

Dalam makro, umumnya di dapat dari hasil survey atau data yang dikumpulkan dari luar (eksternal) misalnya dari hasil pengamatan dan data BPS dan lain-lain.

Untuk mendapatkan data :

1. Dari survey dilaksanakan oleh agency
2. Data yang ada pada klien, hasil survey yang telah dilaksanakan oleh klien sendiriS

Tidak ada komentar:

Artikel Terpopuler