Pada prinsipnya kita tidak dapat membuat suatu perencanaan kampanye periklanan yang tepat tanpa dilengkapi dengan data yang aktual dan akurat.
Bagaimana kita dapat bisa mendapatkan data yang akurat tersebut? Jawabannya tidak lain adalah dengan mengadakan riset ( survey ) yang bentuk dan jenisnya ada beberapa macam disesuaikan dengan kebutuhan atau data yang belum diperoleh klien kita.
Para pakar membuat laporan data dalam dua bagian yaitu :
1. Pandangan makro ekonomi ( macro economic review ) antara lain dapat ditentukan dari :
- kondisi ekonomi disuatu negara : adalah merupakan pandangan/ analisa data yang meliputi antara lain dari : kebijaksanaan pemerintah, GNP perkapita, Populasi, trend/arah dari perekonomian nasional dan lain-lain.
- kondisi ekonomi secara global, adalah laporan analisa mengenai kondisi perekonomian di negara-negara di dunia, trend dari perekonomian dunia dan lain-lain.
2. Pandangan mikro ekonomi ( micro economic review ) trecakup dalam analisa ke enam faktor di bawah ini antara lain sebagai berikut :
- mengenai data klien
- mengenai pemasaran
- mengenai produk
- mengenai pembeli/pemakai
- mengenai saluran distribusi
- mengenai citra (image)
Dalam makro, umumnya di dapat dari hasil survey atau data yang dikumpulkan dari luar (eksternal) misalnya dari hasil pengamatan dan data BPS dan lain-lain.
Untuk mendapatkan data :
1. Dari survey dilaksanakan oleh agency
2. Data yang ada pada klien, hasil survey yang telah dilaksanakan oleh klien sendiriS
Kalau kamu-kamu senang dengan tulisan-tulisan ini bagikan keteman-teman yang lain tapi kalau gak senang cukup kamu aja yang tau, Salam Ya yang sudah Mengunjungi Blogku ini, Ini semua sekedar mengisi waktu senggang tapi mengasikan gitu loe PISSSSSSSSSSS Dech tapi jangan lupa kasih komentar biar semangat nih untuk terbitin posting baru yang menarik..
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Artikel Terpopuler
-
Tugas Manajer Pemasaran adalah sebagai berikut : Manajer pemasaran bertanggung-jawab terhadap manajemen bagian pemasaran Manajer pemasaran...
-
Kelebihan Media Radio : - Jangkauan fleksibel - Cukup serentak - Penetrasi kedaerah rural baik - Penetrasi kalangan bawah/ buta huruf ba...
-
Tujuan pemasaran atau marketing objective, adalah apa yang akan dicapai oleh perusahaan melalui bagian pemasaran titik awalnya adalah konsu...
-
Kelebihan Media Surat Kabar : - Visual kuat - Jangkauan luas dan relatif cepat - Ukuran Fleksibel - Waktu pemasangan terkontrol - Relat...
-
Kelebihan Media Televisi : - Jangakauan sangat luas - Penayangan seketika - Gabungan gambar, suara dan warna - Efek demonstrasi - Penen...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar