Kamis, 07 November 2013

Tips Merawat Aki

Tips Merawat Aki :

Aki (accu/battery) merupakan komponen penting dalam kendaraan yang memiliki fungsi sebagai berikut:

* Sebagai alat penyedia arus listrik untuk starter mesin, penerangan, dan kelistrikan aksesoris mobil, seperti tape, alarm, dll.
* Menstabilkan tegangan kendaraan dan memback-up alternator apabila tidak mampu memenuhi kelebihan beban listrik yang diperlukan di kendaraan.


* Di kendaraan keluaran terbaru, aki berfungsi sebagai sumber arus listrik yang diperlukan oleh sistem jalannya operational komputer (ECU) mobil, artinya jika suplai listrik dari aki terputus, maka sistem di mobil tidak dapat berfungsi.

JENIS AKI
Jenis aki dapat ditentukan oleh kandungan timbal (Pb) dan kalsium (ca) didalamnya. Dipasaran terdapat beberapa jenis aki, yakni:

* Konvensional atau premium.
Aki jenis ini membutuhkan perawatan (penambahan air aki) secara berkala. Plat positif dan negatifnya menggunakan kandungan Pbsb dan Pbsb.
* Hybrid (low maintance).
Aki jenis ini perawatannya lebih rendah jika dibandingkan dengan akikonvensional karena laju penguapan air dan laju kehilangan muatan listriknya sangat rendah. Plat positif dan negatifnya menggunakan kandungan Pbsb dan Pbca. Kendaraan Toyota umumnya menggunaan aki tipe ini.
* Bebas perawatan (maintance free).
Aki MF tidak memerlukan perawatan karena laju penguapan air dan laku kehilangan muatan listriknya sangat rendah. Plat positif dan negatifnya menggunaan kandungan Pbca dan Pbca.

TIPS MERAWAT AKI

* Matikan komponen kelistrikan ketika mesin mati.

Selesai berkendara matikan dulu komponen kelistrikan sebelum mematikan mesin, agar muatan listrik pada aki tidak berkurang, dan pada saat dihidupkan kembali beban aki mampu memenuhi kebutuhan sistem starter.

* Panaskan mesin kendaraan.

Kendaraan yang jarang digunakan dapat memperpendek umur aki. Untuk kendaraan yang jarang digunakan sebaiknya secara rutin memanaskan mesin secukupnya atau dapat pula melepas terminal negatif aki.

* Periksa level air aki.

Permukaan air aki harus dipertahankan antara batas atas dan batas bawah, oleh karena itu peru diperiksa secara rutin minimal satu bulan sekali. Jika air yang terdapat di dalam aki berada di batas bawah, sementara aki tersebut terus digunakan bisa menyebabkan kerusakan pada aki. Pengisian yang melewati batas atas (berlebihan) airnya bisa meluap dan merusak bagian kendaraan. Untuk menambah air aki yang berkurang gunakan air yang biasa jangan gunakan air zuur, karena zuur hanya digunakan untuk aki baru yang belum dipakai. (Catatan: air aki biasa = air murni/air suling; accu zuur = campuran air murni dan asam sulfat H2SO4)

* Periksa Terminal Aki.

Kondisi kendor dan karat pada terminal aki dapat mengakibatkan aliran arus listrik tidak sempurna, hingga dapat menimbulkan ledakan pada aki akibat percikan api pd bagian yang tersambung. Jika sambungan terminal kendor tinggal di kuatkan saja, namun jika terminal aki kotor atau berkarat maka harus dibersihkan menggunakan sikat kawat.

* Periksa pengikat Aki.

Pastikan aki diikat kuat atau tidak bergeser pada posisinya bila mobil berjalan. Aki yang sering terguncang umurnya jadi lebih pendek. Namun jika diikat terlalu kencang juga akan mengakibatkan kerusakan fisik (pecah/belah) pada badan aki itu sendiri.

* Periksa apakah ada kebocoran pada Aki.

Berhati-hatilah pada area yang diketemukan kebocoran dari bagian badan aki, segera keringkan dan bersihkan area tersebut dan kuatkan penutup sumbat pada aki. Apabila terjadi kebocoran pada badan aki, segera ganti aki dengan yang baru.

* Periksa berat jenis Aki.

Jika Aki telah diisi ulang, cek berat jenis aki dengan menggunakan hydrometer ( biasa terdapat di bengkel). Jika beratnya dibawah ukuran dari aki tersebut. Maka gantiah dengan aki baru.

Pemasangan dan Pelepasan Aki.

Untuk memasangkan Aki, pastikan tidak ada benda-benda asing di sekitar dudukan aki. Hubungkan kabel positif pada terminal positif aki, kencangkan bautnya kemudian hubungan kabel negatif pada terminal negatif. Untuk melepaskan aki pertama-tama matikan instrumen yang bermuatan listrik dan tentunya dipastikan kendaraan dalam kondisi mesin mati. Pada saat melepaskan kabel. lepaskan kabel negatif dulu baru positif.

Untuk memastikan kondisi aki Anda, selalu lakukan servis berkala di bengkel resmi Toyota. Bengkel Toyota akan merawat dan melakukan pengecekan aki dengan saksama dengan peralatan aki tester yang canggih.

Jika aki Anda sudah aus, gantilah dengan TGB (Toyota Genuine Battery), aki yang diproduksi khusus untuk kendaraan Toyota.

HAL-HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN UNTUK KESELAMATAN

* Tidak boleh menyalakan api dekat aki, seperti menyalakan korek, merokok dan lain sebagainya, karena aki mengandung hydrogen yang mudah meledak.
* Jauhkan dari jangkauan anak, karena komponen aki terbuat dari bahan kimia yang berbahaya.
* Gunakan kacamata pelindung pada saat memasang atau memperbaiki aki karena air aki sangat berbahaya.
* Hati-hati dengan accu zuur, karena dapat merusak kulit dan membutakan mata.
* Jika accu zuur mengenai mata Anda, basuhlah segera dengan air bersih dan segera pergi ke dokter. Jika accu zuur mengenai kulit Anda, basuhlah bagian yang terkena accu zuur dengan saksama. Jika Anda merasa sakit dan terbakar, segera minta pertolongan dokter.


Sumber : Tunas Toyota Jatiwaringin

Tidak ada komentar:

Artikel Terpopuler