Minggu, 10 Januari 2016

Waspadailah "aku" dan Kesombongan

[💌 Waspadailah "aku" 💌 dan Kesombongan

Ibnul Qoyyim -rohimahulloh- mengatakan:

Harusnya seseorang benar-benar waspada dari keburukan perkataan "aku...", "aku punya...", dan "di sisiku...".

Karena, tiga kata ini telah menjadi musibah bagi Iblis, Fir'aun, dan Qorun.

"Aku lebih baik darinya", adalah perkataan Iblis (kepada Adam).

"Aku punya kerajaan Mesir", adalah perkataan Fir'aun.

Dan "harta yg kumiliki adalah dari ilmu yg ada di sisiku", adalah perkataan Qorun.

Adapun tempat yg paling baik untuk menempatkan kata "Aku", adalah pada perkataan seorang hamba: "akulah seorang hamba yang pendosa, yang bersalah, yang beristighfar, yang mengakui kesalahan, dan semisalnya.

(Tempat yg paling baik untuk menempatkan) kata "aku punya" adalah pada perkataan seorang hamba: "aku punya dosa", "aku punya keburukan", "aku punya kekurangan", "aku punya ketergantungan dan kehinaan".

Dan (tempat yg paling baik untuk perkataan) "di sisiku" adalah pada perkataan seorang hamba: "ampunilah kesalahanku, baik dalam keadaan aku serius, bercanda, tidak sengaja, maupun sengaja. Dan semuanya ada di sisiku".

(Kitab Zadul Ma'ad 2/434)

Tidak ada komentar:

Artikel Terpopuler