Senin, 07 Oktober 2013

6 Peralatan Menyusui yang (Mungkin) Bunda Butuhkan

Menyusui adalah proses yang sederhana dan seringkali tidak membutuhkan banyak alat bantu. Tapi ada beberapa peralatan yang bisa membantu Bunda menyusui dengan lebih nyaman dan mudah, di antaranya adalah:

  1. Krim lanolin Krim ini adalah solusi efektif ketika puting payudara Bunda lecet. Krim ini juga aman bila tertelan bayi, jadi Bunda tidak perlu membersihkan krim dari puting Bunda sebelum menyusui. Tapi bila puting Bunda lecet karena posisi menyusui yang salah, sebaiknya Bunda memperbaiki posisi menyusui Bunda agar masalah puting lecet tidak terjadi lagi.
  2. Breast pad Saat menyusui, payudara Bunda harus dipompa secara teratur untuk ‘mengosongkan’ ASI yang tersimpan di dalamnya. Bila payudara Bunda terlalu penuh, biasanya ASI di dalamnya akan keluar dan membuat bra Bunda basah. Di sinilah breast pad yang diselipkan di dalam bra Bunda berperan penting. Jangan lupa untuk mengganti breast pad Bunda secara rutin, karena breast pad yang basah akan membuat payudara Bunda teriritasi. Bra menyusui Saat bayi baru lahir, si kecil akan sangat sering menyusui. 
  3. Bra menyusui akan mempermudah Bunda melepas dan memasang bra kembali saat menyusui
  4. Bantal menyusui Bantal menyusui membantu Bunda menopang bayi saat menyusui, sehingga Bunda tidak mudah lelah dan pegal.
  5. Nursing apron Bila Bunda harus menyusui di tempat umum, nursing apron akan membantu Bunda menyusui dengan aman tanpa terlihat oleh orang-orang di sekitar Bunda
  6. Pompa payudara Bila Bunda berencana untuk kembali bekerja setelah cuti melahirkan Bunda selesai, pompa payudara sangat penting untuk melancarkan pemberian ASI Eksklusif kepada si kecil. Untuk memilih pompa payudara yang baik, ada baiknya Bunda meminta rekomendasi dari sahabat dan kerabat Bunda
Kebutuhan tiap ibu menyusui berbeda-beda. Misalnya, bila teman Bunda merasa nyaman menggunakan bantal menyusui saat menyusui, bisa jadi Bunda tidak membutuhkannya karena Bunda merasa lebih nyaman menyusui dalam posisi tiduran. Karena itu, Bunda tidak perlu membeli peralatan menyusui di atas sebelum Bunda membutuhkannya. Tapi ada baiknya Bunda mencari tahu merk dan jenis peralatan yang mungkin Bunda butuhkan. Jadi ketika Bunda membutuhkannya, Bunda sudah tahu merk dan jenis yang akan Bunda beli.

Sumber : http://www.zwitsal.co.id/kehamilan/pregnancy-archive/271-6-peralatan-menyusui-yang-mungkin-bunda-butuhkan#sthash.mjiYroBj.dpuf

Tidak ada komentar:

Artikel Terpopuler