Rabu, 16 Oktober 2013

Manfaat Bayi Ikut Lomba

Sebenarnya, ada beberapa manfaat yang dapat orangtua petik saat mengikutsertakan bayinya lomba, di antaranya:

1. Bersosialisasi dan mengenal lingkungan baru.
Bayi akan mengenal lingkungan baru, bersosialisasi dan interaksi, bertemu dengan orang baru, baik sesama bayi maupun yang lainnya.


2. Melatih kepercayaan diri.
Si kecil mendapat kesempatan menunjukkan kebolehannya yang selama ini hanya ia tunjukkan kepada orang-orang terdekat. Ini sekaligus mengasah kepercayaan dirinya.

3. Melatih keberanian tampil.
Bayi tertantang untuk berani tampil di hadapan orang banyak, ini sangat bermanfaat untuk sosialisasinya kelak.

 4. Menjalin kedekatan.
Jangan salah, ikut lomba juga dapat meningkatkan kedekatan bayi dengan orangtuanya. Pasalnya, saat mengikuti acara lomba, otomatis waktu diisi dengan kegiatan bersama-sama, bahkan ada kerja sama, misalnya ketika ikut lomba pijat/senam bayi, memasangkan popok, foto bersama orangtua, dan sebagainya.

Yang terpenting dari ikut lomba adalah partisipasi si kecil serta untuk mengetahui sejauh mana kemampuannya dan pencapaian tumbuh kembangnya. Dengan demikian, tujuan menang lomba atau mendapat hadiah sebaiknya tidak menjadi prioritas. Perlu dipahami, bayi yang tidak menang bukan berarti tidak sehat, tidak cerdas, dan tidak cakap. Penilaian dari dewan juri tentu beragam faktor. Jadi, orangtua yang bayinya kalah, sebaiknya tak perlu kecewa. Sebaliknya yang bayinya menang, tidak perlu terlalu berbangga.

sumber: tabloid-nakita.com

Tidak ada komentar:

Artikel Terpopuler