- Konsumen potensial
- Konsumen target
- Konsumen pemakai
- Junlah penduduk
- Daya beli konsumen
- Pola konsumen
- Geografi atau tempat tinggal konsumen
- Demografi atau jenis kelamin, umur, atau pendidikan
- Psikografi atau status klas dalam masyarakat
- Perilaku, yaitu sikap atau respon terhadap produk
- Pemasaran serba sama, dimana produsen tidak mengadakan segmentasi pasar dan cenderung untuk tidak mencari sasaran kepada sekelompok konsumen tertentu, tetapi strategi pemasarannya bergerak dipasar umum.
- Pemasaran terkonsentrasi, dimana produsen melakukan segmentasi pasar dengan hanya memilih satu segmen konsumen sebagai konsumen target untuk produk utamanya; cara ini lebih menjamin adanya pelayanan yang memuaskan, terjalinnya hubungan dengan konsumen, dan dapat memonitor pesaing lebih baik.
- Pemasaran serba beda, dimana produsen melakukan segmentasi pasar dan menghasilkan produk yang berbeda disertai dengan harga, promosi, dan pelayanan yang berbeda; dengan cara ini produsen akan dapat memperoleh posisi persaingan yang menguntungkan.
Dari perolehan pasar pasarnya, suatu produk dapat dikategorikan sebagai berikut :
- Sebagai pemimpin pasar/market leader, apabila memiliki pangsa pasar terbesar dibandingkan dengan total market produk sejenis
- Sebagai penantang pasar/market challenger, apabila memiliki pangsa pasar yang mendekati pangsa pasar market leader
- Sebagai pengekor pasar/market follower, apabila memiliki pangsa pasar diatas pangsa pasar yang terkecil
- Sebagai ceruk pasar/market nicher, apabila memiliki pangsa pasar yang terkecil prosentasenya.
Market Leader ---> mempertahankan pasar
- Mencari konsumen baru bagi produk lamanya
- Mencari manfaat baru bagi produk lamanya
- Mencari kelebihan tambahan bagi produk lamanya
- Menyerang kekuatan pemimpin pasar
- Menyerang kelemahan pemimpin pasar
- Menyerang kekuatan dan kelemahan pemimpin pasar
- Menyerang secara sporadis yang tidak diketahui lawan
- Produk baru yang melebihi produk pemimpin pasar
- Menirukan identik dengan strategi pemimpin pasar
- Menirukan sebagian dari strategi pemimpin pasar
- Menirukan dan memodifikasi strategi pemimpin pasar
- Mencari konsumen target yang sesuai
- Memanfaatkan segmen pasar yang kecil
- Memelihara hubungan dengan konsumen
- Menciptakan produk yang eksklusif
- Memberikan pelayanan yang memuaskan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar