Minggu, 07 Maret 2010

Market atau Pasar

Market atau pasar, ditinjau dari segi pemasaran adalah orang / sekelompok orang/organisasi yang mempunyai kebutuhan/keinginan akan suatu produk, yang dapat dipenuhi melalui transaksi. Dengan pengertian tersebut, pasar identik dengan konsumen, dan dapat dibedakan menjadi :
  1. Konsumen potensial
  2. Konsumen target
  3. Konsumen pemakai
Menurut hipotesa, besarnya masing-masing pasar tersebut mengacu kepada konsumen potensial. Misalnya pasar potensial sama dengan 100%, maka konsumen target = 10%, sedangkan konsumen pemakai = 5%. Untuk mengukur berapa besarnya pasar potensial tersebut, diperlukan beberapa faktor penentu, misalnya :
  1. Junlah penduduk
  2. Daya beli konsumen
  3. Pola konsumen
Konsumen potensial dapat dipilah-pilah dari konsumen yang heterogen menjadi konsumen yang homogen. Cara memilah ini dinamakan market segmentation atau segmentasi pasar. Dalam melaksanakan segmentasi pasar, dapat dibedakan menurut :
  1. Geografi atau tempat tinggal konsumen
  2. Demografi atau jenis kelamin, umur, atau pendidikan
  3. Psikografi atau status klas dalam masyarakat
  4. Perilaku, yaitu sikap atau respon terhadap produk
Sehubungan dengan kondisi konsumen yang heterogen dan homogen, produsen dapat memilah strategi pendekatan konsumen/market approach, dengan beberapa alternatif :
  1. Pemasaran serba sama, dimana produsen tidak mengadakan segmentasi pasar dan cenderung untuk tidak mencari sasaran kepada sekelompok konsumen tertentu, tetapi strategi pemasarannya bergerak dipasar umum.
  2. Pemasaran terkonsentrasi, dimana produsen melakukan segmentasi pasar dengan hanya memilih satu segmen konsumen sebagai konsumen target untuk produk utamanya; cara ini lebih menjamin adanya pelayanan yang memuaskan, terjalinnya hubungan dengan konsumen, dan dapat memonitor pesaing lebih baik.
  3. Pemasaran serba beda, dimana produsen melakukan segmentasi pasar dan menghasilkan produk yang berbeda disertai dengan harga, promosi, dan pelayanan yang berbeda; dengan cara ini produsen akan dapat memperoleh posisi persaingan yang menguntungkan.
Untuk menentukan posisi suatu produk dipasaran, dibutuhkan perhitungan berapa besarnya pangsa pasar produk tersebut. Yang dimaksud dengan pangsa pasar/market share, adalah berapa besarnya prosentase yang diperoleh produsen dari hasil perolehan penjualan produk tertentu, dibandingkan dengan perolehan penjualan seluruh produk sejenis, dalam kurun waktu tertentu.
Dari perolehan pasar pasarnya, suatu produk dapat dikategorikan sebagai berikut :
  1. Sebagai pemimpin pasar/market leader, apabila memiliki pangsa pasar terbesar dibandingkan dengan total market produk sejenis
  2. Sebagai penantang pasar/market challenger, apabila memiliki pangsa pasar yang mendekati pangsa pasar market leader
  3. Sebagai pengekor pasar/market follower, apabila memiliki pangsa pasar diatas pangsa pasar yang terkecil
  4. Sebagai ceruk pasar/market nicher, apabila memiliki pangsa pasar yang terkecil prosentasenya.
Strategi persaingan yang diterapkan oleh masing-masing produk, dapat mengacu kepada pedoman berikut :
Market Leader ---> mempertahankan pasar
  1. Mencari konsumen baru bagi produk lamanya
  2. Mencari manfaat baru bagi produk lamanya
  3. Mencari kelebihan tambahan bagi produk lamanya
Market Challenger ---> meraih pangsa pasar maksimal
  1. Menyerang kekuatan pemimpin pasar
  2. Menyerang kelemahan pemimpin pasar
  3. Menyerang kekuatan dan kelemahan pemimpin pasar
  4. Menyerang secara sporadis yang tidak diketahui lawan
  5. Produk baru yang melebihi produk pemimpin pasar
Mareket Follower ---> mempertahankan posisi pasarnya
  1. Menirukan identik dengan strategi pemimpin pasar
  2. Menirukan sebagian dari strategi pemimpin pasar
  3. Menirukan dan memodifikasi strategi pemimpin pasar
Market Nicher ---> memanfaatkan peluang pasar yang ada
  1. Mencari konsumen target yang sesuai
  2. Memanfaatkan segmen pasar yang kecil
  3. Memelihara hubungan dengan konsumen
  4. Menciptakan produk yang eksklusif
  5. Memberikan pelayanan yang memuaskan

Tidak ada komentar:

Artikel Terpopuler