Dalam perencanaan periklanan pengembangan analisa situasi merupakan hal yang sangat penting. Dengan mengembangkan analisa situasi mempermudah anda untuk menentukan strategi yang akan digunakan untuk sebuah kampanye periklanan dari produk/jasa dari brand yang anda miliki. Pengembangan Analisa Situasi meliputi :
1. Faktor Internal
Kemampuan perusahaan dalam mengorganisasi dan melaksanakan program promosi :
- Struktur organisasi promosi dalam perusahaan
- Kemampuan perusahaan dalam pengembangan dan pelaksanaan program promosi
- Menentukan peranan dan fungsi dari advertising agency dan lembaga pendukung (promosi) lainnya
Pandangan terhadap program promosi yang sudah dilaksanakan dan hasilnya :
- Pengamatan terhadap tujuan promosi yang lalu
- Pengamatan penentuan anggaran dan alokasi dana yang lalu
- Pengamatan strategi dan program ramu promosi yang lalu
- Pengamatan hasil program promosi yang lalu
Penilaian citra perusahaan dan citra produk serta implementasinya pada promosi
Penilaian kekuatan dan kelemahan dari produk/jasa :
- Apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan produk/jasa
- Apa yang menjadi key benefit produk/jasa
- Apakah produk mempunyai Unique Selling Point ?
- Bagaimana kemampuan dari packaging, labeling dan citra produk ?
- Bagaimana perbandingan produk anda dengan produk saingan
2. Faktor Eksternal
Analisa konsumen :
- Siapa yang membeli produk atau memakai jasa anda ?
- Siapa yang menentukan dalam pembelian produk ?
- Bagaimana keputusan pembelian dilakukan ? Siapa yang diasumsikan berperanan ?
- Produk yang bagaimana yang dibeli konsumen ? Apakah kebutuhannya terpenuhi ?
- Mengapa konsumen melakukan pembelian produk tertentu ?
- Dimana mereka membeli atau mencari produk/jasa ?
- Kapan mereka membeli ? Adakah faktor musim yang menentukan pembelian ?
- Bagaimana sikap konsumen terhadap produk/jasa anda?
- Faktor sosial apa yang mungkin berpengaruh dalam keputusan pembelian ?
- Adakah gaya hidup konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian ?
- Bagaimana penerimaan konsumen terhadap produk/jasa anda ?
- Apakah faktor demografis berpengaruh dalam penentuan pembelian produk ?
Analisa Saingan :
- Apakah saingan langsung atau tidak langsung
- Apakah key benefit dan positioning yang dipergunakan saingan ?
- Bagaimana posisi anda terhadap saingan ?
Analisa Lingkungan :
Apakah trend terakhir atau pengembangan kemungkinan efek dari program promosi, termasuk
- Faktor demografis
- Faktor ekonomis
- Faktor sosiologis
- Faktor teknologi
- Faktor Pemerintah/peraturan
Kalau kamu-kamu senang dengan tulisan-tulisan ini bagikan keteman-teman yang lain tapi kalau gak senang cukup kamu aja yang tau, Salam Ya yang sudah Mengunjungi Blogku ini, Ini semua sekedar mengisi waktu senggang tapi mengasikan gitu loe PISSSSSSSSSSS Dech tapi jangan lupa kasih komentar biar semangat nih untuk terbitin posting baru yang menarik..
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Artikel Terpopuler
-
Tugas Manajer Pemasaran adalah sebagai berikut : Manajer pemasaran bertanggung-jawab terhadap manajemen bagian pemasaran Manajer pemasaran...
-
Kelebihan Media Radio : - Jangkauan fleksibel - Cukup serentak - Penetrasi kedaerah rural baik - Penetrasi kalangan bawah/ buta huruf ba...
-
Tujuan pemasaran atau marketing objective, adalah apa yang akan dicapai oleh perusahaan melalui bagian pemasaran titik awalnya adalah konsu...
-
Kelebihan Media Surat Kabar : - Visual kuat - Jangkauan luas dan relatif cepat - Ukuran Fleksibel - Waktu pemasangan terkontrol - Relat...
-
Kelebihan Media Televisi : - Jangakauan sangat luas - Penayangan seketika - Gabungan gambar, suara dan warna - Efek demonstrasi - Penen...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar