Contoh pengembangan strategi ramu promosi sebagai berikut :
Beberapa tahun yang lalu sebuah perusahaan kopi yang besar memutuskan untuk memperkenalkan jenis kopi instant yang kering beku ke konsumen penyedia jasa makanan, seperti : hotel, restoran, rumah sakit dan sekolah-sekolah. Jenis kopi instant ini dikenal mempunyai dampak yang luas di pasar dengan rasa yang hebat. Hal ini akan dimanfaatkan pada segmentasi pasar penyedia makanan tersebut. Rencana promosi meliputi seluruh unsur ramu promosi yang ada seperti di bawah ini.
Tujuan Komunikasi :
Menciptakan kesadaran (awareness) dan perhatian (interest) terhadap kopi instant bebas cafein, ke seluruh negara bagian timur, selama 1 semester.
Strategi Ramu Promosi :
- Advertising :
Tujuan : Menciptakan kesadaran dan perhatian pada 80% agen-agen penjualan dan konsumen penyedia jasa makanan
Anggaran : $ 1.1 juta
Strategi pesan : Penyajian produk melalui iklan 1 halaman penuh yang memfokuskan pada kehebatan rasa kopi instant tersebut.
Strategi media : Satu pemunculan iklan tiap bulan pada setiap penerbitan yang khusus menjangkau penyedia jasa makanan.
- Sales Promotion :
Tujuan : Mendukung program periklanan dengan membantu menciptakan kesadaran dan perhatian terhadap produk kopi instant di antara agen penjualan dan penyedia jasa makanan.
Anggaran : $ 1 juta
Strategi : Distribusi despenser produk dan materi pelengkap promosi pendukung, seperti : tenda, meja, sticker menu. Promosi potongan harga dipakai untuk mendorong penyedia jasa makanan ikut mencoba memasarkan produk.
- Publicity :
Tujuan : Membuat penyedia jasa makanan sadar akan produk melalui publisitas atau public relations, yang ditujukan pada pasar sasaran tersebut. Membangkitkan publisitas yang baik pada dokter-dokter, ahli diet, serta para purchase influencers lainnya.
Anggaran : Tidak ditentukan
Strategi : Press release, dan laporan/jurnal tentang manfaat pada kesehatan.
- Personal Selling
Tujuan : Memperkenalkan dan mendemonstrasikan manfaat produk baru ini, ke seluruh sasaran (agen penjualan dan penyedia jasa makanan) di negara bagian timur sampai dengan akhir semester.
Anggaran : $ 3 juta
Strategi : Kunjungan penjualan oleh sales force perusahaan, dengan tujuan untuk memperkenalkan produk, menjelaskan manfaat serta membagikan sample dan promotion material
Kalau kamu-kamu senang dengan tulisan-tulisan ini bagikan keteman-teman yang lain tapi kalau gak senang cukup kamu aja yang tau, Salam Ya yang sudah Mengunjungi Blogku ini, Ini semua sekedar mengisi waktu senggang tapi mengasikan gitu loe PISSSSSSSSSSS Dech tapi jangan lupa kasih komentar biar semangat nih untuk terbitin posting baru yang menarik..
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Artikel Terpopuler
-
Tugas Manajer Pemasaran adalah sebagai berikut : Manajer pemasaran bertanggung-jawab terhadap manajemen bagian pemasaran Manajer pemasaran...
-
Kelebihan Media Radio : - Jangkauan fleksibel - Cukup serentak - Penetrasi kedaerah rural baik - Penetrasi kalangan bawah/ buta huruf ba...
-
Tujuan pemasaran atau marketing objective, adalah apa yang akan dicapai oleh perusahaan melalui bagian pemasaran titik awalnya adalah konsu...
-
Kelebihan Media Surat Kabar : - Visual kuat - Jangkauan luas dan relatif cepat - Ukuran Fleksibel - Waktu pemasangan terkontrol - Relat...
-
Kelebihan Media Televisi : - Jangakauan sangat luas - Penayangan seketika - Gabungan gambar, suara dan warna - Efek demonstrasi - Penen...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar