Analisa situasi
(Perlu pemanfaatan : grafik, tabel, curva dan sejenisnya untuk membantu/mempermudah pembaca mencerna)
1. Sejarah Produk (khususnya strategi periklanan yang telah lalu)
- Sejarah perusahaan
- Pertumbuhan pasar
- Sejarah penjualan (sales)
- Sejarah pangsa pasar
- Sejarah harga dan fluktuasi pasar
- Keuntungan Kotor
- Sejarah periklanan (strategu media, tema dsb.)
- Anggaran periklanan yang telah lalu ( 5 tahun terakhir)
- Sejarah personal selling
- Paten, sejarah teknologi produk
- Situasi politik, hukum, peraturan pemerintah yang berpengaruh/berkaitan dengan produk
- Pedoman kreatif, tema promosi saat ini
Sejarah-sejarah di atas bisa dikaitkan dengan sejarah kompetitor apabila memungkinkan
2. Penilaian Produk
- Distribusi
* Saluran distribusi
* Prosentase penetrasi pada outlet
* Wilayah distribusi
* Rata-rata persediaan di retailer
* Lokasi dan posisi produk di outlet
* Bagaimana distributor memperlakukan produk
* Bagaimana product display
* Apakah ada problem stock di pengecer
- Karakter Produk
* Apakah harga bisa diterima
* Bagaimana isi, konstruksi dan kualitas produk
* Apakah kemasannya berguna atau enak/mudah ditenteng
* Apakah design label efektif
* Apakah label bisa menggambarkan produk
* Apakah termasuk pelayanan
* Bagaimana kualitas produk dibanding kompetitor
* Bagaimana kemampuan produk memecahkan problem konsumen
* Keuntungan dan keunikan produk
3. Penilaian Pasar Sasaran (target market)
- Kelompok Sasaran (target audience)
* Profile demografis
* Profesi/jabatan : profesional/technical, manager/administrasi, klerek/sales, foreman, pekerjaan lainnya, tidak bekerja
* Status perkawinan : single, kawin, pisah rumah, cerai
* Suku bangsa
* Pendidikan : SD, SLP, SLA, Diploma/sarjana muda, Sarjana(S1), Master(S2), Doktor(S3)
* Usia : dibawah 12 tahun, 12-17 tahun, 18-24 tahun, 25-34 tahun, 35-44 tahun, 45-54 tahun, 55-64 tahun, 65 tahun ke atas
* Pendapatan : dibawah Rp. 100.000,-; Rp. 101.000,- s/d Rp. 300.000,-; Rp. 301.000,- s/d Rp. 750.000,-; Rp. 751.000,- s/d Rp. 1.500.000,-; Rp. 1.501.000,- s/d Rp. 4.000.000,-; Rp. 4.001.000,- s/d Rp. 10.000.000,-; Diatas Rp. 10.000.000,-
* Jumlah Anak dalam keluarga : 1-5 tahun, 6-8 tahun, 9-11 tahun, 12-14 tahun, 15-17 tahun, 18-24 tahun, 25-30 tahun
* Kelas sosial : E= lower class, D=middle-lower class, C=middle class, B=middle-upper class, A=Upper class
* Tipe Tempat Tinggal : Pedesaan, pinggiran, perkotaan slum area, perkotaan middle area, perkotaan elite area
* Wilayah : provinsi/regional
- Psikografik
* Apakah konsumen menyukai produk
* Termasuk kelompok konservatif, dinamis dsb
* Gaya hidup : mobil, rumah, bacaan, sport, aktifitas sosial
- Analisa tingkah laku konsumen
* Produk yang dikonsumsi, pengaruh lingkungan, tempat pemakaian, cara pemakaian, frekuensi pemakaian, jumlah rata-rata yang dipakai
* Sikap terhadap kualitas produk, harga, kemasan, gaya, reputasi produk
* Kebiasaan pembelian konsumen : tahunan, bulanan, harian, cash, credit, siapa yang beli, apakah pembeli konsumen yang sama
* Awareness terhadap kampanye periklanan saat ini
* Sikap terhadap iklan, Apakah bisa diterima, apakah dipercaya
* Problem konsumen yang bisa dipecahkan oleh produk
* Bagaimana loyalitas konsumen terhadap produk, berapa banyak yang pindah merek
* Siapa prospek terbesar calon konsumen baru, macam apa appeal ad yang mungkin bisa merangsang konsumen untuk mencoba produk
4. Persaingan
- Kekuatan dan Kelemahan Pemasaran
* Jumlah dan tipe saingan
* Saingan terbesar dan pangsa pasarnya
* Saingan terkecil dan pangsa pasarnya
* Pola distribusi dan geografi saingan
* Display produk saingan di retail
* Lokasi produk saingan ditoko
* Sikap distributor terhadap produk saingan
* Apakah kompetitor mendapatkan penempatan display yang lebih baik
* Strategi yang dilakukan saingan, push atau pull
* Apakah saingan memberikan bukti sesuai bukti yang lebih baik
- Persaingan Merek
* Strategi harga
* Isi, konstruksi dan kualitas produk saingan
* Perbandingan kemasan
* Perbandingan label
* Perbandingan layanan
* Perbandingan kualitas
* Apa problem konsumen yang bisa dipecahkan oleh produk saingan
* Keuntungan mayoritas dan kelebihan produk saingan
- Persaingan iklan
* Sejarah periklanan saingan (media, tema kreatif, slogan dsb)
* Budget periklanan saingan yang telah lalu (5 tahun terakhir)
* Brand Awareness produk saingan. Apakah konsumen lebih meyakini tema atau slogan saingan
* Beberapa kelemahan saingan dalam program komunikasi : iklan, personal selling, public relations
Kalau kamu-kamu senang dengan tulisan-tulisan ini bagikan keteman-teman yang lain tapi kalau gak senang cukup kamu aja yang tau, Salam Ya yang sudah Mengunjungi Blogku ini, Ini semua sekedar mengisi waktu senggang tapi mengasikan gitu loe PISSSSSSSSSSS Dech tapi jangan lupa kasih komentar biar semangat nih untuk terbitin posting baru yang menarik..
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Artikel Terpopuler
-
Tugas Manajer Pemasaran adalah sebagai berikut : Manajer pemasaran bertanggung-jawab terhadap manajemen bagian pemasaran Manajer pemasaran...
-
Kelebihan Media Radio : - Jangkauan fleksibel - Cukup serentak - Penetrasi kedaerah rural baik - Penetrasi kalangan bawah/ buta huruf ba...
-
Tujuan pemasaran atau marketing objective, adalah apa yang akan dicapai oleh perusahaan melalui bagian pemasaran titik awalnya adalah konsu...
-
Kelebihan Media Surat Kabar : - Visual kuat - Jangkauan luas dan relatif cepat - Ukuran Fleksibel - Waktu pemasangan terkontrol - Relat...
-
Kelebihan Media Televisi : - Jangakauan sangat luas - Penayangan seketika - Gabungan gambar, suara dan warna - Efek demonstrasi - Penen...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar