Sabtu, 07 Agustus 2010

Bagaimana Mengukur Efektifitas dan Efisiensi Suatu Media ?

Mengukur efektifitas dan efisiensi suatu media dengan cara :
A. Kualitatif
Karakteristik media :
- Visual/audio/audiovisual
- Life span
- Kualitas reproduksi
- Ruang media
- Editorial
- Dan lain-lain

B. Kuantitatif
- Pengukuran berdasarkan data-data kuantitatif yang ada
- Sumber : Research Company ( antara lain : SRI)
- Indikator Pengukuran
* Reach(R) : Jumlah orang yang dapat dicakup oleh suatu media atau media mix dalam suatu periode tertentu. Satuan : persentase atau satuan
* Average Frequency (F) : Berapa kali kesempatan orang untuk melihat iklan anda dalam suatu periode tertentu. Satuan : satuan
* Gross Rating Points (GRP) : Jumlah total reach yang diperoleh dari suatu media atau media mix dalam suatu periode tertentu. Satuan ; persentase  GRP = R X F
* Cost Per Thousand : Jumlah dana yang dikeluarkan untuk mencakup/mengcover 1000 orang target audience. CPM = Cost / Reach

Tidak ada komentar:

Artikel Terpopuler