Rabu, 04 Agustus 2010

Contoh Pengembangan Strategi Ramu Promosi

Contoh pengembangan strategi ramu promosi sebagai berikut :

Beberapa tahun yang lalu sebuah perusahaan kopi yang besar memutuskan untuk memperkenalkan jenis kopi instant yang kering beku ke konsumen penyedia jasa makanan, seperti : hotel, restoran, rumah sakit dan sekolah-sekolah. Jenis kopi instant ini dikenal mempunyai dampak yang luas di pasar dengan rasa yang hebat. Hal ini akan dimanfaatkan pada segmentasi pasar penyedia makanan tersebut. Rencana promosi meliputi seluruh unsur ramu promosi yang ada seperti di bawah ini.

Tujuan Komunikasi :
Menciptakan kesadaran (awareness) dan perhatian (interest) terhadap kopi instant bebas cafein, ke seluruh negara bagian timur, selama 1 semester.

Strategi Ramu Promosi :
- Advertising :
Tujuan : Menciptakan kesadaran dan perhatian pada 80% agen-agen penjualan dan konsumen penyedia jasa makanan
Anggaran : $ 1.1 juta
Strategi pesan : Penyajian produk melalui iklan 1 halaman penuh yang memfokuskan pada kehebatan rasa kopi instant tersebut.
Strategi media : Satu pemunculan iklan tiap bulan pada setiap penerbitan yang khusus menjangkau penyedia jasa makanan.
- Sales Promotion :
Tujuan : Mendukung program periklanan dengan membantu menciptakan kesadaran dan perhatian terhadap produk kopi instant di antara agen penjualan dan penyedia jasa makanan.
Anggaran : $ 1 juta
Strategi : Distribusi despenser produk dan materi pelengkap promosi pendukung, seperti : tenda, meja, sticker menu. Promosi potongan harga dipakai untuk mendorong penyedia jasa makanan ikut mencoba memasarkan produk.
- Publicity :
Tujuan : Membuat penyedia jasa makanan sadar akan produk melalui publisitas atau public relations, yang ditujukan pada pasar sasaran tersebut. Membangkitkan publisitas yang baik pada dokter-dokter, ahli diet, serta para purchase influencers lainnya.
Anggaran : Tidak ditentukan
Strategi : Press release, dan laporan/jurnal tentang manfaat pada kesehatan.
- Personal Selling
Tujuan : Memperkenalkan dan mendemonstrasikan manfaat produk baru ini, ke seluruh sasaran (agen penjualan dan penyedia jasa makanan) di negara bagian timur sampai dengan akhir semester.
Anggaran : $ 3 juta
Strategi : Kunjungan penjualan oleh sales force perusahaan, dengan tujuan untuk memperkenalkan produk, menjelaskan manfaat serta membagikan sample dan promotion material

Tidak ada komentar:

Artikel Terpopuler