Komunikasi akan selalu mampu memberi warna atau pengaruh pada bidang yang disentuhnya. Menurut Littlejohn (1996: 7) ia mempunyai banyak makna. Bahkan menurut Dance dan Larson terdapat 126 batasan komunikasi. Hal ini menunjukkan betapa sulitnya membuat definisi tentang komunikasi secara tegas.
Dalam kaitan ini, Frank Dance telah mengambil langkah besar dalam menjelaskan konsep omunikasi, yakni dengan membuat sejumlah nsur dasar yang di gunakan untuk membedakan konsep komunikasi dengan lainnya. Ia menentukan tiga poin diferensiasi konsep kritis yang membedakan definisi lomuniksai, yaitu sebagai berikut.
1. dimensi pertama merupakan level obsesvasi atau abstracness. Beberapa definisi bisa luas dan memyeluruh maknanya, sementara definisi yang lain terbatas dan sempit.
2. pembedaan kedua dilihat dari segi intensionalitas. Beberapa definisi hanya mencakup pengiriman dan penerimaan pesan-pesan secara intensif, sedangkan yang lain tidak memperhatikan hal-hal seperti itu.
3. dimensi ketiga adalah normative judgment (penaksiran normative). Beberapa devinisi melingkupi pernyataan kesuksesan atau keakuratan, sedangkan yang lain tidak.
Berikut adalah contoh aplikasi kasus atau peristiwa komunikasi dan informasi sehari-hari yang sering kita temui di lapangan. Setidaknya, ada sembilan contoh kasus sebagai berikut.
1. gejala perilaku komunikasi yang tidak sampai.
2. gejala perilaku komunikasi yang diterima secara insidental.
3. gejala perilaku komunikasi yang berhasil/menyertai
4. pesan-pesan komunikasi nonverbal yang tidak sampai.
5. pesan komunikasi nonverbal yang diterima secara insidenta.
6. pesan-pesan komuikasi nonverbal yang berhasil.
7. pesan komunikasi verbal yang tidak sampai.
8. pesan komunikasi yang di terima secara insindental.
9. pesan-pesan komunikasi verbal yang berhasil.
Kalau kamu-kamu senang dengan tulisan-tulisan ini bagikan keteman-teman yang lain tapi kalau gak senang cukup kamu aja yang tau, Salam Ya yang sudah Mengunjungi Blogku ini, Ini semua sekedar mengisi waktu senggang tapi mengasikan gitu loe PISSSSSSSSSSS Dech tapi jangan lupa kasih komentar biar semangat nih untuk terbitin posting baru yang menarik..
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Artikel Terpopuler
-
Tugas Manajer Pemasaran adalah sebagai berikut : Manajer pemasaran bertanggung-jawab terhadap manajemen bagian pemasaran Manajer pemasaran...
-
Kelebihan Media Radio : - Jangkauan fleksibel - Cukup serentak - Penetrasi kedaerah rural baik - Penetrasi kalangan bawah/ buta huruf ba...
-
Tujuan pemasaran atau marketing objective, adalah apa yang akan dicapai oleh perusahaan melalui bagian pemasaran titik awalnya adalah konsu...
-
Kelebihan Media Surat Kabar : - Visual kuat - Jangkauan luas dan relatif cepat - Ukuran Fleksibel - Waktu pemasangan terkontrol - Relat...
-
Kelebihan Media Televisi : - Jangakauan sangat luas - Penayangan seketika - Gabungan gambar, suara dan warna - Efek demonstrasi - Penen...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar