Selasa, 13 Desember 2011

RANGKUMAN ILMU KOMUNIKASI

Hampir semua studi tentang manusia dan kehidupannya selalu menyentuh komunikasi. Artinnya, komuniksai memang selalu ada di setiap kehidupan dan kegiatan manusia, di mana pun manusia itu berada; hanya saja berat pembahasannya saja yang berbeda, ada yang mendudukan komunikasi sebagai unsure yang dominant, dan ada juga yang memdudukkannya sebagai unsure yang tidak dominan.

Komunikasi adalah proses penyampaian pesan atau berbagai informasi dengan orang lain. Sementara itu, informasi adalah suatu rekaman fenomena yang diamati dan mempunyai potensi untuk dianfaatkan oleh seseorang. Jenis informasi banyak sekali dan jumlahnya pun terus bertambah karena setiap saat lahir informasi baru, sehingga kita tidak semakin mudah mengikuti perkembangannya. Informasi bermanfaat bagi siapa saja, baik perorangan ataupun kelembagaan, termasuk kami dan anda juga membutuhkan informasi.

Sumber-sumber informasi banyak jenisnya. Buku, majalah, surat kabar, radio, tape recorder, video tape recorder, CD-ROM, brosur, pamflet, dan media rekam informasi lainya, merupakan tempat disimpannya informasi atau katakanlah sumber-sumber informasi, khususnya informasi terekam.

Informasi yang terdapat pada sumber-sumber informasi terekam itu tentu saja hanya sebagian saja jumlahnya dan itu sudah sangat banyak. Informasi itulah yang dalam dunia komunikasi selalu melekat di dalam prosesnya. Sebab informasi dalam hal ini merupakan bagian dari proses komunikasi. Sementara itu komunikasi, seperti dimuka kita sudah kita ketahui, ada di mana-mana, seperti antara lain di lingkungan pendidikan, di lingkungan sosial kemasyarakatan, di lingkungan keluarga, di lngkungan kelompok dan organisasi, di lingkungan perpustakaan, di lingkungan media, dan di lingkungan bidang studi lainnya

Tidak ada komentar:

Artikel Terpopuler