Jumat, 28 Januari 2011

Analisa Posisi

Inilah tahap perencanaan dimanakah kita perlu?. Pada saat mempersiapkan rencana, kita perlu menempatkan posisi merek kita di setiap negara, pasar dan sektor yang sesuai.

Dalam mempelajari setiap aspek kampanye promosi kita harus selalu sadar akan posisi merek secara keseluruhan; ini merupakan lem yang akan merekatkan keterpaduan bersam-sama. Namun, kampanye promosi individual-meskipun untuk satu buah merek masing-masing akan memiliki tugas khusus yang harus dilaksanakan. Masing-masing memiliki tujuan-tujuannya sendiri yang jelas.

Apabila kampanye-kampanye promosi tertentu ditujukan untuk menutup pengeluaran modal, tujuan-tujuan kampanye tersebut harus dikembangkan berdasarkan tujuan-tujuan pemasaran dan usaha yang relevan. Di setiap sektor pasar atau wilayah geografis yang berbeda., mereka harus mencerminkan posisi merek yang unik. Mungkin saja dapat terjadi sebuah perusahan atau merek yang sangat berpengaruh di pasaran dalam negeri tidak dikenal di tempat lain. Kegiatan komunikasi perlu sensitif terhadap keadaan -keadaan tersebut. Persaingan juga akan berbeda-beda; ada pesaing yanmg mungkin berpengaruh di Eropa tetapi lemah di daerah Asi Pasifik.

Tujuan sebuah perusahaan dapat berupa peningkatan penjualan mobil rover seri 800 sebesar 12 persen dalam tahun anggaran yang akan datang. Pada perusahaan uang demikian canggih, tujuan itu sendiri akan didukung dengan sebuah strategi yang pasti, untuk disampaikan melalui sasaran-sasaran pemasaran. Dalam strategi tersebut dapat ditentukan berapa persen setiap model akan memberikan sumbangan pada seluruh penghasilan perusahaan, pasar yang mana yang akan mereka masuki dan apakah ada kegiatan musiman di pasar tersebut.

Spesialis komunikasi perlu mempelajari setiap pasar sasaran dan posisi merek di sana. Rover bermain serious di pasaran Inggris komunikasi mereka meliputi pembentukan model yang lebih disukai, sembari menahan angan-angan yang tinggi mengenai merek tersebut. Di negara seperti jepang, yang pasarnya mungkin kurang mengenai Rover, tugasnya mungkin membentuk positioning yang tinggi bagi merek. Kita perlu mengetahui dengan jelas di mana posisi merek atau merek-merek kita dalam setiap sektor atau pasar. Kita perlu memahami keadaan persaingan di daerah-daerah tersebut.

Dengan pengetahuan tersebut kita dapat mengidentifikasi apakah kita dalam posisi sebagai pendatang baru, penguasa celah pasar yang kecil, atau pemain utama. Dapat kita katakan pakah kita sedang memburu pangsa pasar yang lebih besar secara agresif atau sedang mempertahankan pangsa pasar yang telah ada. Kita mengetahui apakah kita sedangmemcari pembeli lagi atau baru memcoba. Denagn kata lain, kita dapat mengetahui peranan yang harus kita ambil untuk memenuhi tujuan usaha. Peranan tersebut merupakan dasar bagi tujuan komunikasi.

Namun, untuk dapat melaksanakan tugas seefektif mungkin, kita perlu maju terus. Kita perlu mengetahui hal-hal yang menyebabkan para pesaing kita berhasil di pasar-pasar tersebut. Kita harus memahami positioning mereka dalam benak para konsumen dan nilai apa yang disajikan oleh merek atau merek-merek mereka. Hal ini jelas memerlukan riset yang ketat atas merek-merek tersebut, seketat riset yang akan kita tetapkan untuk memahami merek kita sendiri.

Solusi Keuangan Anda

1 komentar:

patrickstar mengatakan...

wah bagus banget postingannya. membantu banget buat saya mengerjakan tugas kuliah. makasih yaa...

Artikel Terpopuler