Kamis, 27 Januari 2011

Parameter-Parameter Kampanye Promosi

Pembatasan-pembatasan yang kita hadapi dalam kampanye promosi tertentu harus kita ketahui dengan jelas.

Penentuan kelompok sasaran akan memberi kita beberapa petunjuk. Ia harus mengindentifikasi kategori atau kategori-kategori konsumen yang ingin kita jangkau; ia harus mengindentifikasi dalam kampanye promosi antarusaha industri-industri dan pihak-pihak yang akan kita pengaruhi.

Namun, mungkin akan ada pembatasan-pembatasan selanjutnya. Untuk wilayah geografis yang mana kampanye tersebut ditujukan? Apakah untuk daerah setempat, seluruh wilayah negara, wilayah negara-negara yang tergabung dalam blok seperti ASEAN atau masyarakat Eropa atau sungguh-sungguh berhadapan dengan pasar global? Kita perlu mengetahui apakah ada urutan prioritas di setiap wilayah tersebut, apakah ada bagian tertentu dari kelompok sasaran kita yang sulit dimasuki. AKan lebih penting lagi kalau kita menyaring kegiatan-kegiatan kita sesuai dengan sumber daya yang tersedia.

Apakah telah terbukti adanya kecenderungan musiman di pasar salah satu atau seluruh wilayah ini? KIta harus terbiasa pada berbagai macam cara penjualan dalam suatu tahun atau jangka waktu tertentu dan pada tingkat fluktuasi dalam jenis-jenis penjualan tersebut. Dengan demikian kita akan mengetahui apakah kita memerlukan periode kegiatan yang berbeda antara yang satu dengan yang lain. Masalah ini dengan mudah dapat digambarkan melalui perbandingan, misalnya pasar untuk kartu ucapan tahun baru dengan yang selamat datang di rumah anda yang baru. Kartu yang pertama memiliki musim jual yang pasti dan jangka waktu yang pendek. Kegiatan promosi pada saat yang salah sungguh-sungguh tidak akan ada artinya. Kartu kedua hanya berlaku musiman dalam pindah rumah tetapi setiap saat, sepanjang tahun selalu ada kegiatan pindah rumah di pasar sehingga tingkat kegiatan promosi yang rendah dapat memenuhi kebutuhan.

Di setiap perusahaan juga ada kegiatan sebagai acara tetap yang juga harus diperhitungkan dalam perencanaan kita. Apabila para analis pasar modal yang menjadi kelompok sasaran, Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan merupakan acara tetap. Dalam kampanye penerimaan pegawai, akhir tahun pendidikan sekolah atau perguruan tinggi adalah pilihan yang utama. Hampir disetiap perusahaan ada kegiatan-kegiatan seperti peluncuran produk-produk baru, pembukaan pabrik-pabrik atau toko-toko penyalur, konferensi promosi tahunan, pameran industri-industri besar, dan sebagainya, yang semuanya harus diperhitungkan. Mereka juga dapat dianggap sebagai parameter-parameter untuk kampanye promosi, tentu saja sebagi unsur-unsurnya.

Semua informasi tersebut mempersempit fokus sasaran kita selanjutnya, sehingga secara meyakinkan dapat mengarahkan sumber daya komunikasi kita yang sangat terbatas kepada segmen-segmen pasar yang memberikan pengetahuan kepada kita mengenai ruang lingkup kelompok sasaran kita dan dengan menggunakan data yang ada di dalam perusahaan dan sumber-sumber publikasi ( seperti statistik asosiasi perdagangan dan lembaga pemerintah ) kita dapat menentukan ukuran dan lokasi kelompok sasaran tersebut. Setelah kita melengkapi pemahaman kita dengan pengetahuan mengenai pola belanja musiman dan saluran saluran distribusi produk-produk kita, kita dapat menyusun sebuah jadwal kegiatan untuk mencapai keefektifan yang optimum. Jadwal ini mencerminkan tidak hanya saat yang terbaik untuk penjualan kepada konsumen akhir tetapi juga yang ideal untuk menjual kepada para penyalur dan pengecer.

Solusi Keuangan Anda

Tidak ada komentar:

Artikel Terpopuler