Jumat, 15 Januari 2010

Boston Consulting Group



Portofolio boston consulting group terdiri dari empat kwadran, dimana masing-masing kwadran menunjukan tahap pertumbuhan dan pangsa pasar yang diperolehnya. Setiap kwadran diberi gambar yang analog dengan situasi produk. Dalam menganalisis produk menurut boston consulting group, tahapannya sesuai dengan jumlah kwadran, yaitu empat, yang terdiri dari anjing, tanda tanya, bintang dan sapi perah. Berikut bahasan tentang masing-masing tahap :
1. tahap anjing, dimana produk yang ada dalam kwadran ini tergantung jenis produknya, apabila produk baru, memang sewajarnya, dimana tahap pertumbuhan dan pangsa pasarnya masih relatif rendah, sehingga kemungkinan untuk berkembang masih ada, tetapi apabila produk yang ada dalam kwadran ini adalah produk lama, maka harus dipikirkan produk penggantinya sebelum menarik dari peredarannya, karena produk ini sudah tidak ada harapan untuk menghasilkan laba
2. tahap tanda tanya, atau juga sering digambarkan sebagai kucing liar, dimana pertumbuhan produknya cukup signifikan, tetapi belum mampu bersaing dipasaran, karena pangsa pasarnya masih relatif rendah, produk ini membutuhkan pembinaan agar dapat bersaing dipasaran dengan meraih pangsa pasar yang lebih tinggi, kegiatan promosi harus lebih diintensifkan agar menghasilkan penjualan
3. tahap bintang, dimana produk telah memperlihatkan diterima oleh konsumen, yang dibuktikan dari adanya pertumbuhan dan pangsa pasar yang tinggi, tetapi kewaspadaan harus selalu diperhatikan karena banyaknya acaman dari para pesaing, kelengahan akan mempurukkan hasil penjualannya, strateginya adalah mempertahankan dengan memelihara konsumen yang telah ada, memberikan pelayanan yang lebih baik, mencari pasar baru ataupun memodifikasi produknya agar selalu memenuhi selera konsumen
4. tahap sapi perah, dimana perusahaan akan menikmati panen laba, sehingga dari produk ini dapat dihimpun dana untuk dipergunakan membiayai produk-produk lain yang membutuhkannya, biaya promosinya cukup rendah, bahkan kenaikan harga tidak akan mempengaruhi pola belanja konsumen, hal ini disebabkan produk yang ada dalam kwadran ini mempunyai konsumen yang setia, kemungkinan terpuruknya kearah kwadran anjing dimungkinkan, apabila konsumen menganggap produknya sudah usang atau adanya produk pengganti yang lebih modern atau lebih memenuhi selera konsumen

Dog                 -> growth - market share - strategy -> delete
Question mark  -> growth + market share - strategy -> build
Star                 -> growth + market share + strategy -> sustain
Cash cow        -> growth - market share + strategy -> harvest

Tidak ada komentar:

Artikel Terpopuler