Sabtu, 02 Januari 2010

Definisi Marketing

Philip Kotler, salah seorang pakar pemasaran, menyatakan bahwa : " Mostly people mistakenly that of marketing only as selling and promotion.............."

Sebagian besar orang mempunyai persepsi bahwa marketing identik dengan selling. Sehingga dalam berusaha dibidang bisnis, cukup menguasai pengetahuan tentang selling, yang diaplikasikan sebagai salesmanship, yaitu kemampuan seseorang untuk menjual suatu produk. Teknik-teknik cara menjual yang efektif berkembang, mulai dari yang fundamental, yaitu selling step by step, sampai dengan yang terkini, salah satunya adalah SPIN selling (situational, problem, implication, need pay-off).
Selanjutnya Philip Kotler menyatakan pentingnya usaha dibidang bisnis, sebaiknya dilandasi dengan pengetahuan marketing, sbb. : "........This does not mean that selling and promotion are unimportant, but rather they are part of a larger marketing mix, a set of marketing tools that work together to affect the marketplace".

Dalam kenyataannya, usaha dibidang bisnis tidaklah sedemikian sederhana, tetapi penuh dengan tantangan, tatanan, ancamaan, persaingan, dan masalah, dimana dengan selling saja tidak mampu mengatasinya.
Marketing adalah salah satu pilar kesuksesan dalam kancah persaingan yang makin ketat, yang berbasis kepada marketing mix, sebagai sarana untuk mempengaruhi marketplace/pasar.

Philip Kotler memberik batsan tentang marketing sbb. : "Marketing is a social and manjerial process by which individual and group obtain they need and want through creating and exchanging product and vaslue with others"
Dari batasan ini dapat dijabarkan, bahwa dalam istilah marketing mengandung pelbagai faktor berikut :
  1. adanya proses sosial, yaitu hubungan antar manusia
  2. adanya proses manajerial, yaitu suatu aktivitas untuk menata-olah orang lain mencapai tujuan
  3. adanya dua pihak yang terkait, yaitu produsen dan konsumen
  4. pihak produsen menciptakan produk, untuk memenuhi kebutuhan konsumen
  5. pihak konsumen mempunyai uang untuk mendapatkan produk yang dibutuhkannya
  6. terjadi pertukaran antara produk dengan uang
  7. terciptanya jual-beli atau transaksi

    Tidak ada komentar:

    Artikel Terpopuler