Minggu, 17 Januari 2010

Promosi / Promotion

Promosi adalah salah satu alat bantu produsen dalam upaya untuk memasarkan hasil produksinya, agar dikenal oleh konsumen/brand awareness dan akan meretas kearah pembelian.
Untuk menuju kepada tahap pembelian, jalan yang harus dilalui cukup panjang dan memerlukan ketekunan dalam mempromosikan produknya. Adapun tahap-tahap yang harus dilalui adalah :
1. unawareness/ketidak sadaran akan merek suatu produk
2. brand awareness/kesadaran akan merek suatu produk
3. brand knoledge/pengetahuan akan merek suatu produk
4. brand linking/tertarik akan merek suatu produk
5. brand preference/pilihan utama merek suatu produk
6. purchase of branded product/membeli produk merek tertentu

Promosi sebaiknya dilaksanakan dengan seksama dan tepat guna, karena selain menyerap biaya yang cukup tinggi, juga memerlukan waktu.
Penetapan anggaran promosi dapat berpedoman kepada metode berikut :
1. affordable method, dimana penetapan anggaran promosi berdasarkan kemampuan keuangan perusahaan
2. percentage of sales method, dimana penetapan anggaran promosi berdasarkan prosentase tertentu dari prediksi hasil penjualan
3. competitive method, dimana penetapan anggaran promosi ditetapkan dengan mengacu kepada anggaran promosi pesaing
4. objective and task method, dimana penetapan anggaran promosi berdasarkan prakiraan jumlah anggaran yang dibutuhkan untuk mengerjakan suatu program promosi tertentu

Ketidak berhasilan promosi sering disebabkan oleh adanya beberapa faktor berikut :
1. pemilihan media promosi yang kurang tepat
2. perumusan pesan yang tidak persuasif atau membosankan
3. frekuensi yang kurang atau tidak tepat situasi/waktu
4. kurang adanya koordinasi antara produsen dan ad agency
5. kurangnya pemantauan dan evaluasi pelaksanaan

Bobot dari pesan dalam promosi cukup tinggi, sehingga faktor perumusan pesan harus benar-benar dikaji dengan seksama. Apabila pesan hanya menyebutkan karakteristik atau kehebatan suatu produk, tidak akan menarik perhatian konsumen/one sided promotion.
Akan tetapi dengan adanya perumusan yang persuasif, dimana selain memberikan informasi produk, juga menyebutkan manfaat apa yang akan diperoleh konsumen/two sided promotion, niscaya konsumen akan tertarik dan memberikan perhatian.

Bauran promosi atau promotion mix, merupakan pelbagai kegiatan yang berhubungan dengan promosi suatu produk, yang terdiri dari :
1. iklan
2. promosi penjualan
3. publikasi
4. penjualan tatap muka

Tidak ada komentar:

Artikel Terpopuler