Selasa, 05 Januari 2010

Pengantar Perilaku Dan Motivasi Konsumen

Peengantar Perilaku Dan Motivasi Konsumen

Para konsumen sebagai raja yang perlu dilayani dan kita perlu mengetahui kehendaknya. Untuk memahami hakiki pemasaran, para pemasaran perlu memahami perilaku pembeli ( Buyer Behavior) secara mendalam.

Pasar tidak pernah homogen secara total, tetapi terdiri dari banyak segmen yang berbeda-beda (heterogen). Pemasar perlu mencari motivasi pembeli, mengapa mereka bertingkah laku menurut pola beli tertentu. Ini penting agar strategi dan program pemasaran dapat diterapkan sesuai sasaran yang direncanakan secara efektif dan effisien.

Banyak riset konsumen dilakukan untuk mengetahui hubungan rancangan pemasaran yang diorganisasi dengan tanggapan atau reaksi konsumen. Para ahli pemasaran selalu menciptakan  beberapa teori dan model tentang perilaku beli konsumen mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks. Seni pemasaran yang efektif adalah bagaimana menciptakan kepuasan pelanggan. Keberhasilan atau kegagalan pemasaran banyak tergantung kepada reaksi pelanggan yang dinyatakan dalam bentuk pola-pola pembelian. Semakin banyak pengetahuan kita tentang perilaku dan motivasi konsumen, semakin besar pula kemungkinan kita berhasil dalam menjlankan program psikologi.

Tidak ada komentar:

Artikel Terpopuler