- melaksanakan riset pemasaran untuk mendapatkan input dari pasar
- menciptakan produk yang memenuhi kebutuhan konsumen
- menentukan harga dari produk tersebut
- memilih konsumen yang menjadi target/sasaran
- memposisikan keinginan produsen tentang produk yang dipasarkannya dibenak konsumen
- memilih saluran distribusi
- memilih media yang dijadikan ajang aktivitas promosi
- menindak lanjuti adanya keluhan/masalah dari konsumen
- memberikan pelayanan purna jual
Suatu rancangan pemasaran/marketing plan harus dipersiapkan untuk melaksanakan semua ini. Rancangan tersebut harus dikomunikasikan kepada seluruh jajaran dibagian pemasaran, agar ada koordinasi dan sinkronisasi pelaksanaannya.
Dengan demikian, diperlukan adanya suatu tatanan organisasi pemasaran/marketing organization yang mantap, dengan menerapkan prinsip-prinsip dasar manajeman modern. Yang dalam aplikasinya, harus memperhatikan bawahan sebagai aset perusahaan, dan pimpinan yang mempunyai kemampuan manajerial dan leadership yang tinggi. Sehingga mampu mengelola perusahaan sesuai dengan rencana, untuk memenangkan persaingan dan memperoleh pangsa pasar yang maksimal.
Wawasan yang luas dan mampu untuk membangkitkan semangat kerja bawahan merupakan kriteria pimpinan yang dibutuhkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar