Segmentation adalah suatu cara untuk memilah-milah konsumen dari yang heterogen menjadi homogen, dengan mempergunakan variabel-variabel berikut :
- geografi/tempat konsumen target berada
- demografi/umur, jenis kelamin, tingkat pendidikan konsumen
- psikografi/klas konsumen target dalam masyarakat
- perilaku konsumen terhadap produk lama/baru
- potensial/tertarik kepada suatu produk dan mampu untuk membelinya
- ada kemauan untuk membeli
- dapat dibedakan dengan konsumen lainnya
- tidak ada penghalang untuk memasuki segmen tersebut
- segmen tersebut dapat terjangkau oleh saluran distribusi maupun aktivitas promosi
- occupant, siapa yang menjadi konsumen targetnya
- object, produk apa yang sesuai bagi konsumen target
- occasion, frekuensi pembelian produk oleh konsumen target
- organization, pihak-pihak yang terkait dalam pengambilan keputusan untuk membeli
- objective, tujuan pembelian dari suatu produk
- operation, cara-cara mempengaruhi konsumen target
Philip Kotler memberikan batasan tentang positioning sebagai berikut : "Positioning is the act of designing the company's offering and image so that they occupya meaningful and distinct competitive position the target customers mind"
Sedangkan Hieberg & Cooper melengkapi dengan pernyataannya sebagai berikut : " Positioning establishes the desired perception of your product within the taget market relative to the competition".
Positioning adalah suatu cara memposisikan suatu produk yang diinginkannya kedalam benak calon konsumen/mind-share.
Untuk memperkuat positioning tersebut, sebaiknya dibuatkan sebuah positioning statement, yaitu suatu slogan yang pendek, menarik perhatian konsumen target, mudah diingat, dapat dipercaya, dan berkesan dihati konsumen target/heart-share, yang mengacu kepada atribut, manfaat, klas produk
Tidak ada komentar:
Posting Komentar