Minggu, 17 Januari 2010

Promosi Penjualan

Pelbagai kegiatan promosi penjualan, dapat menarik perhatian konsumen untuk mengambil keputusan membeli secara cepat tanpa direncanakan terlebih dahulu/immediate buying. Berikut beberapa aktivitas promosi penjualan :
1. pemberian diskon khusus
2. pemberian bonus atas produk yang dibeli
3. POP/point of purchase atau POS/point of sale
4. harga spesial untuk produk tertentu
5. display produk didampingi oleh SPG/sales promotion girl, disertai dengan trigger/gantungan nama produk
6. pemberian kupon undian untuk pembelian sejumlah tertentu

Sifat-sifat dari promosi penjualan adalah sebagai berikut :
1. adanya insentif bagi konsumen atas pembelian produk tertentu
2. mengundang konsumen dengan segera, karena daya tarik
3. mengubah sikap pembeli/motivasi konsumen

Dalam situasi persaingan yang sangat ketat, produsen tidak hanya berupaya agar konsumen tertarik akan produknya, tetapi cenderung agar konsumen langsung melaksanakan transaksi.
Program/aktivitas promosi penjualan ini, dapat dijadikan sarana untuk melaksanakan hal tersebut.

Tidak ada komentar:

Artikel Terpopuler