Jumat, 13 November 2009

Achiever

- Para achiever tergolong berpretasi tinggi, mereka adalah pekerja keras yang sangat berorientasi ke pencapaian (achiever oriented).

- Rasa percaya diri yang tinggi, membuat mereka menyukai tantangan.

_ Meski begitu mereka adalah pencinta keteraturan dan cenderung bertindak berdasarkan sistem.

- Sikapnya yang merendah hati (low profilr) dan tidak suka menonjolkan diri membuat pergaulan mereka luas. (The young intellectual yang rendah dan disukai dalam pergaulan)

- Rasa setia kawan mereka patut mendapat acungan jempol.

- Kelompok ini sebagian besar berusia muda dan berpendidikan tinggi.

- Prestasi tinggi diimbangi dengan penampilan yang rendah hati, membuat para achiever menjadi pemimpin yang berwibawa dan mandiri.

- Mereka tidak mudah menerima hal-hal baru, lebih-lebih bila landasan argumennya kurang kuat.

_ Para achievers dalam memutuskan segala tindakannya berdasrkan pertimbangan rasional, dalam memilih produk umpamanya mereka cenderung lebih mengutamakan fungsi ketimbang mode dan merek.

- Para achiever banyak bergaul dengan teknologi tinggi, akrab dengan telepon genggam sebagai alat bantu kerja dan meraih prestasi.

- Mereka juga paling gemar menggunakan perangkat piringan laser. Namum dari 8 segmen yang ada, kelompok inilah yang paling sedikit memakai prangkat audio-visual (9,34%) dibanding dengan kelompok attention seeker yang mencapai 14,60%.

- Keprktisan seringkali menjadi alasan pemilihan suatu produk bagi achiever. (Umpamanya dalam memilih produk kopi diantara kelompok lainnya achiever paling suka indocafe 19,14% dan Nescafe 14,16%. Kedua merek kopi instant ini memang lebih mudah larut bila diseduh dibandingkan merek-merek lainnya. Jika harus memilih antara susu bubuk instant dan susu bubuk biasa mereka juga akan memilih susu bubuk instant. Padahal beberapa di antara mereka menyatakan sebeanrnya susu bubuk instant kuang gurih dan terlalu manis dibandingkan dengan susu bubuk biasa).

- Kerapian menjadi perhatian utama bagi achiever dalam memilih busana.

- Ketakacuhan mereka terhadap gengsi terlihat dari merek mobil yang dipilih, Toyota 48,20%, suzuki 32,80% dan daihatsu 25,10%. Hanya 1,20% yang memilih Mercedes Benz. Kerendahan hati ini semakin mencolok jika kita membandingkan pilihan ini dengan segmen-segmen lainnya.

- Bagi achiever cara terbaik menjaga kesehatan adalah dengan berolahraga, mengatur makan dan istirahat teratur. Mereka paling tidak percayya obat-obatan tradisional.

- Media expose achiever juga tergolong tinggi, koran, majalah, tabloid, televisi, radio semua dilahapnya, bahkan mereka juga cenderung mengisi waktu luang dengan membaca koran atau majalah, meski juga gemar memirsa TV dan mendengarkan musik. Sedangkan waktu luang diakhir pekan biasanya dihabiskan dengan berkumpul bersama teman.

- Minuman ringan yang paling mereka suka adalah green sands 19,62%, selain kandungan alkoholnya rendah, positioning Green Sands yang diiklankan dengan thema Rasa Berani memeang pas dengan ciri-ciri achiever yang gemar tantangan.

- Untuk menghadapi orang-orang achiever, yang perlu diingat oleh produsen adalah mereka tak akan mudah dibujuk lewat promosi, iming=iming, hadiah, ataupun gengsi. Dengan mengetahui karakteristik, produsen bisa menciptakan produk yang sesuai dengan kebutuhan mereka yakni produk yang menonjolkan fungsi, kualitas, manfaat, (benefit) serta harganya sesuai dengan manfaat yang didapat. Program-program periklanannya pun harus menggunakanrasional yang masuk akal sehingga bisa mereka terima.

Tidak ada komentar:

Artikel Terpopuler