Minggu, 08 November 2009

Motif Membeli Konsumen

Setiap orang mempunyai motif membeli (buying motive) yang berbeda. Motivasi merupakan sesuatu yang berasal dari diri orang yang memberikan arahan pada perilaku. Berbagai macam teori motivasi telah banyak diciptakan para ahli. Stoner mengemukakan adanya tiga kelompok teori motivasi, yaitu :
1. Teori Pemuasan Kebutuhan, yang membicarakan tentang faktor-faktor yang ad didalam diri individu yang menyebabkan mereka melakukan tindakan tertentu. Beberapa tokoh yang mempelajari kelompok ini adalah Maslow, Mc. Gregor, Herzberg, Athinson dan Mc. Cleland. Mereka ingin mengetahui mengapa seseorang melakukan suatu tindakan, dan kebutuhan apa saja yang ingin mereka puasi.
2. Teori Prose, mengemukakan tentang bagaimana dan berdasrkan bertujuan apa seorang individu itu termotivasi. Yang penting adalah harapan akan imbalan yang mendorong mereka berbuat sesuatu: faktor lain ialah pilihan seseorang terhadap penghasilan yang diharapkan diperoleh yang menentukan perilaku seseorang. Beberapa tokoh yang masuk kelompok ini adalah Victor Vroom, Adams dan Locke.
3. Teori Penguatan, membicarakan tentang bagaimana akibat tindakan masa lalu mempengaruhi tindakan yang akan datang; semacam prose mempelajari atau belajar dari pengalaman dengan pandangan tindakan tertentu akan menghasilkan sesuatu yang baik; tindakan yang lain hasilnya buruk. B.F. Skinner mengemukakan para manajer sering menggunakan konsep penguatan ini untuk mengarahkan perilaku, baik itu penguat positif maupun penguatan negatif.


Tugas

Misalnya anda sebagai calon konsumen beberapa produk/jasa dibawah ini, diminta menjawab survey sederhana mengenai apa motivasi/harapan anda membeli atau mengikutinya. Jawaban singkat dan cukup 2 (dua) jawaban saja dari setiap pertanyaan .
1. Apa yang anda harapkan dari produk sepatu yang anda beli ?
a. .........................
b. .........................
2. Apa yang anda harapakan dari produk makanan yang anda beli ?
a. .........................
b. .........................
3. Apa yang anda harapkan dari jasa Lembaga Pendidikan yang anda masuki ?
a. .........................
b. .........................
4. Apa yang anda harapkan dari sebuah jasa kesehatan/klink yang anda masuki ?
a. .........................
b. .........................
5. Apa yang anda harapkan dari perusahaan agen periklanan yang anda ajak kerjasama ?
a. .........................
b. .........................

Ok ini sedikit tentang motif Membeli Konsumen semoga dapat bermanfaat bagi anda

Tidak ada komentar:

Artikel Terpopuler