Selasa, 24 November 2009

Proses Analisa Data

Menganalisa data berarti menguji data secara kritis dan prosedurnya harus melalui langkah yang berlaku secara umum sebagai berikut :
  1. Menyusun data dalam kategori yang berarti meliputi editing, coding, dan mentabulasi data.
  2. Langkah kedua menentukan apakah ada perbedaan signifikasi antara kategori-kategori tersebut. Disini timbulnya perbedaan diuji dengan statstik sehingga dapat diketahui apakah perbedaannya secara nyata atau hanya kebetulan saja.
  3. Langkah ketiga menerangkan mengapa timbul perbedaan tersebut, dan untuk itu dibutuhkan uji hipotesa atas dasar informasi yang dibutuhkan agar dapat menjelaskan hubungan yang belum jelas antara variabel yang dianalisa sebelumnya. Tabulasi menyilang berfungsi mengembangkan tambahan atas tabulasi satu dimensi. Manfaat lainnya adalah menghindarkan kesalahan dalam pengarahan analisa serta untuk melihat secara proporsionil dalam penganalisaan data selanjutnya.
  4. Langkah keempat menyusun rekomendasi hasil analisa data secara ringkas serta mengandung pengertian praktis atas hal-hal yang terperinci
Dalam perusahaan yang besar dan organisasi risetnya sudah rapi dan maju, setiap tahap dalam kegiatan proses analisa data ditangani oleh bagian-bagian tersendiri.

Perhitungan statistik dan kegunaannya pada proses analisa data merupakan alat yang sangat penting. Beberapa diantaranya yang sering digunakan adalah perhitungan rata-rata, median, modus, perhitungan proporsi dan prosentase, perhitungan ratio, perhitungan standar deviasi, koefiensi variasi, perhitungan range dan sebagainya.

  • Rata-rata hitung merupakan suatu nilai yang diperoleh dengan jalan membagi seluruh nilai observasi dengan banyaknya observasi.
  • Median adalah nilai dari suatu kelompok yang mempunyai sifat sedemikian rupa sehingga setengah dari nilai-nilai tersebut mempunyai nilai lebih besar atau sama, sedangkan setengah lainnya mempunyai nilai lebih kecil atau sama dengan nilai median tersebut.
  • Modus merupakan nilai yang mempunyai frekuensi tertinggi atau terbesar.
  • Perhitungan Ratio merupakan hasil perbandingan antara dua komponen dalam satu jumlah.
  • Perhitungan standard deviasi adalah salah satu ukuran perpencaran (variasi).
  • Perhitungan koefisien variasi menilai apakah mutu data homogen atau heterogen. Semakin tinggi nilai koefisien variasi berarti datanya lebih heterogen.
  • Perhitungan range menunjukkan selisih antara nilai maksimum dan minimum dalam suatu kelompok nilai atau data

Tidak ada komentar:

Artikel Terpopuler