Ada beberapa faktor yang menyebabkan hasil riset tidak bisa dimanfaatkan secara memadai karena manajemen memiliki konsep yang sempit tentang riset pemasaran. Banyak manajemen memandang riset pemasaran tidak lebih dari kegiatan administrasi biasa sehingga penghargaan begitu juga laporan hasil riset yang terlambat dan tidak tepat waktu juga tidak bisa menjawab dinamika lingkungan yang terus bergerak lebih cepat meninggalkan data-data riset yang kadaluarsa. Penemuan yang kurang meyakinkan dan perbedaan intelektual antara manajer pengguna informasi dengan periset seringkali mempengaruhi produktivitas hubungan.
Dalam membuat isi laporan riset pemasaran perlu mengikuti format dengan sistematika yang berlaku umum yang dimulai dengan :
- Judul Laporan
- Daftar Isi
- Kata Pendahuluan
- Formulasi Tujuan
- Metode riset yang meliputi desain riset
- Metode pengumpulan data
- Sampling
- Operasi Lapangan
- Analisa dan Interpretasi
- Batasan Riset
- Hasil
- Kesimpulan dan Rekomendasi
- Lampiran Penelitian
- Menentukan sasaran presentasi
- Menganalisa sidang pendengar
- Menyiapkan bagan presentasi
- Mengorganisasi bahan presentasi
- Latihan presentasi (juga perlu)
- Membantu menambah kepercayaan diri
- Membantu kekurangan bahan
- Membiasakan dengan bahan yang dibicarakan
- Membiasakan dengan bahan pembantu untuk menghidupkan presentasi
- Memudahkan memperkirakan pertanyaan-pertanyaan yang akan timbul
Tidak ada komentar:
Posting Komentar