Dalam era globalisasi saat ini, informasi merupakan keharusan untuk dikelola secara efektif bagi para pengusaha yang keluar sebagai pemenang dalam bisnis yang sangat kompetitif. Riset pemasaran merupakan alat dan bagian dari manajeman pemasaran yang sangat membantu para manajer dan pemasar dalam pengambilan keputusan penting dan strategis melalui pengambialn data secara sistematis,pencatatan dan analisi informasi di bidang pemasaran.
Bagi organisasi perusahaan yang sudah besar dan maju, pelaksanaan riset pemasaran merupakan tanggung jawab bagian atau departemen khusus dengan tenaga-tenaga ahli yang memang disediakan untuk tugas riset.
Menurut lingkup kegiatannya, riset pemasaran meliputi :
- Riset pasar dan penjualan
- Riset produk
- Riset distribusi
- Riset konsumen
- Riset ekonomi perusahaan
- Riset periklanan
- Riset Lingkungan perusahaan
- Riset tentang aktivitas penjualan
- Riset tentang riset
Produktivitas dari aktifitas riset pemasaran terutama tergantung kepada kualitas informasi. walaupun pemasar bukan ahli riset, tetapi mereka harus mengetahui seluk beluk pemasaran dan lingkupnya untuk dimanfaatkan sebaik-baiknya sehingga efektif dan efisien dalam pekerjaannya. Untuk mendukung adanya kualitas informasi, perusahaan perlu mendayagunakan peranan sistem informasi pemasaran. Riset pemasaran merupakan komponen utama dalam sistem informasi pemasaran, yang bersama dengan komponen lainnya akan membantu manajemen memecahkan masalah dan mengambil keputusan.
Kalau kamu-kamu senang dengan tulisan-tulisan ini bagikan keteman-teman yang lain tapi kalau gak senang cukup kamu aja yang tau, Salam Ya yang sudah Mengunjungi Blogku ini, Ini semua sekedar mengisi waktu senggang tapi mengasikan gitu loe PISSSSSSSSSSS Dech tapi jangan lupa kasih komentar biar semangat nih untuk terbitin posting baru yang menarik..
Rabu, 11 November 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Artikel Terpopuler
-
Tugas Manajer Pemasaran adalah sebagai berikut : Manajer pemasaran bertanggung-jawab terhadap manajemen bagian pemasaran Manajer pemasaran...
-
Kelebihan Media Radio : - Jangkauan fleksibel - Cukup serentak - Penetrasi kedaerah rural baik - Penetrasi kalangan bawah/ buta huruf ba...
-
Tujuan pemasaran atau marketing objective, adalah apa yang akan dicapai oleh perusahaan melalui bagian pemasaran titik awalnya adalah konsu...
-
Kelebihan Media Surat Kabar : - Visual kuat - Jangkauan luas dan relatif cepat - Ukuran Fleksibel - Waktu pemasangan terkontrol - Relat...
-
Kelebihan Media Televisi : - Jangakauan sangat luas - Penayangan seketika - Gabungan gambar, suara dan warna - Efek demonstrasi - Penen...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar